Rumus & Fungsi Pada Ms. Excel


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
            Microsoft Excel adalah program operator spreadsheet yang sangat popular di Indonesia. Program ini merupakan salah satu program aplikasi yang berada dalam keluarga Microsoft Excel. Saat ini cukup banyak pengguna Microsoft Excel yang menggunakan program ini untuk mengetik table, padahal di dalam Microsoft Excel tersedia banyak fasilitas yang dapat digunakan untuk memaksimalkan pembuatan laporan dalam bentuk table. Salah satu fasilitas tersebut adalah fungsi. Microsoft Excel menyediakan banyak fungsi yang dikelompokkan dalam kategori untuk melalukan proses perhitungan atau kalkulasi data.
            Microsoft Excel memiliki keunggulan khusus dalam mengatasi masalah yang berhubungan dengan table atau angka. Berbeda dengan pembahasan pada Microsoft word, pada Microsoft excel anda akan sering menjumpai istilah cell, range, workbook, worksheet, sheet, dan sebagaimana.

B. RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana cara mengoperasikan Microsoft Excel?
2.      Apa pengertian dari Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel?
3.      Bagaimana cara penulisan Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel?
4.      Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Penulisan Rumus?

C. TUJUAN MASALAH
1.      Untuk mengetahui bagaimana cara mengoperasikan Microsoft Excel.
2.      Untuk mengetahui pengertian dari Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel.
3.      Untuk mengetahui bagaimana cara penulisan Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel.
4.      Untuk mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Penulisan Rumus.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Cara Mengoperasikan Microsoft Excel

1.      Langkah pertama klik tombol start kemudian selanjutnya arahkan mouse anda ke “all program”.
2.      Setelah mouse anda berada di “all program” maka anda pilih “Microsoft Office”.
3.      Kemudian selanjutkan anda arahkan mouse anda ke “Microsoft Excel”.

B.     Pengertian dari Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel
Rumus atau formula adalah suatu bentuk perhitungan yang kita buat sendiri dengan tujuan tertentu. Rumus atau formula lebih simple. Di dalam rumus atau formula kita dapat memasukkan data lable, numeric maupun fungsi.
Fungsi adalah suatu program atau sistem siap pakai yang sudah ada didalam Microsoft Excel yang digunakan sebagai alat untuk membantu perhitungan saat bekerja di Microsoft Excel. Fungsi merupakan formula siap pakai yang disediakan Excel. Suatu fungsi dibuat untuk menyederhanakan perhitungan yang panjang dan rumit. Bentuk penulisan fungsi memiliki susunan aturan yang harus diikuti. Apabila terjadi kesalahan dalam penulisan fungsi, akan menghasilkan perhitungan yang salah atau error.
Fungsi-fungsi yang disediakan Microsoft Excel itu dikrlompokkan dalam beberapa bagian, Antara lain:
1)      Fungsi SUM : Proses penjumlahan =SUM()
2)      Fungsi AVERAGE : Nilai rata-rata =AVERAGE()
3)      Fungsi MAX : Nilai tertinggi =MAX()
4)      Fungsi MIN : Nilai terendah =MIN()
5)      Fungsi COUNT NUMBER : Jumlah data =COUNT()[1]



C.    Cara Penulisan Rumus dan Fungsi dalam Microsoft Excel
1.      Fungsi SUM : Proses Penjumlahan
                             =SUM()
Langkah-langkah membuat rumus penjumlahan:
Tekanlah pada tombol keyboard yang bertanda = dan ketiklah SUM, kemudian tekan dalam kurung () yang ada pada tombol keyboard, setelah itu Blok nilai nilai yang akan di jumlahkan, dan terakhir tekan Enter.[2]


2.      Fungsi AVERAGE : Nilai rata-rata
                                       =AVERAGE()
Langkah-langkah membuat rumus:
Tekanlah pada tombol keyboard yang bertanda = dan ketiklah AVERAGE, kemudian tekan dalam kurung () yang ada pada tombol keyboard, setelah itu Blok nilai nilai yang akan di jadikan nilai rata rata, dan terakhir tekan Enter.[3]


3.      Fungsi MIN : Nilai Terendah
                            =MIN()
Langkah-langkah membuat rumus:
Tekanlah pada tombol keyboard yang bertanda = dan ketiklah MIN , kemudian tekan dalam kurung () yang ada pada tombol keyboard, setelah itu Blok nilai nilai yang akan di jadikan nilai terendah, dan terakhir tekan Enter.[4]

              Tekanlah pada tombol keyboard yang bertanda = dan ketiklah MAX, kemudian tekan dalam kurung () yang ada pada tombol keyboard, setelah itu Blok nilai nilai yang akan di jadikan nilai tertinggi, dan terakhir tekan Enter.


4.      Fungsi MAX : Nilai Tertinggi
=MAX()
Langkah-langkah membuat rumus:
Tekanlah pada tombol keyboard yang bertanda = dan ketiklah MAX , kemudian tekan dalam kurung () yang ada pada tombol keyboard, setelah itu Blok nilai nilai yang akan di jadikan nilai tertinggi, dan terakhir tekan Enter.[5]


5.      Fungsi COUNT NUMBER : Jumlah data
=COUNT()
Langkah-langkah membuat rumus:
Tekanlah pada tombol keyboard yang bertanda = dan ketiklah COUNT, kemudian tekan dalam kurung () yang ada pada tombol keyboard, setelah itu Blok nilai nilai yang akan di jadikan jumlah data, dan terakhir tekan Enter.[6]

 


6.      Hal-Hal yang Perlu Dilakukan dalan Penulisan Rumus
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan rumus:
1.      Setiap rumus harus diawali dengan tanda sama dengan (=).
2.      Antara cell data dengan syarat yang ditentukan harus menggunakan operator pembanding. Berikut ini adalah daftar operator matematika dan operator pembanding yang dapat digunakan dalam fungsi Microsoft Excel :
Operator
Keterangan
Contoh
()
Mengelompokakkan tingkat perhitungan operasi matematika
=(8*2)-(2+3)=11
=(8-4)+(2*3)-4=6
+
Plus/tambah
=10+5=15
-
Minus/kurang
=15-3=12
*
Perkalian
=4*5=20
/
Pembagian
=45/5=9
%
Persen
=70*25%=17,5
Ն
Menggabung dua (2) data teks/rumus
=”Honda” ն ”Ngawi”
=
Sama dengan
=IF(A2=”A”,….
< 
Kurang dari
=IF(D2<100,…. .
> 
Lebih dari
=IF(D2>50,…. .
<=
Kurang dari sama dengan
=IF(D2<=100,…. .
>=
Lebih dari sama dengan
=IF(D2>=50,…. .
<> 
Tidak sama dengan
=IF(D2<>”Topi”…. .
3.      Perhatikan tanda baca yang digunakan pada rumus, karena tanda baca ini sangat menentukan benar atau salahnya penulisan sebuah rumus. Tanda baca ini tergantung pada pengaturan sistem operasi windows. Sebagai contoh pada tanda baca untuk pemisah antar syarat dan nilai benar pada fungsi IF, bila setting pengaturan Bahasa pada Control Panel menggunakan Indonesian, maka menggunakan tanda titik koma (;), sedengkan bila settingnya adalah English (United States), maka menggunakan tanda koma (,). Perhatikan pengaturan List Separator pada Regional and Language Optionsyang terdapat pada Control Panel.[7]



BAB III
PENUTUP



KESIMPULAN
Cara Mengopersikan Microsoft Excel
1.    Langkah pertama klik tombol start kemudian selanjutnya arahkan mouse anda ke “all program”.
2.    Setelah mouse anda berada di “all program” maka anda pilih “Microsoft Office”.
3.    Kemudian selanjutkan anda arahkan mouse anda ke “Microsoft Excel”.

Rumus atau formula adalah suatu bentuk perhitungan yang kita buat sendiri dengan tujuan tertentu. Rumus atau formula lebih simple. Di dalam rumus atau formula kita dapat memasukkan data lable, numeric maupun fungsi.
Fungsi adalah suatu program atau sistem siap pakai yang sudah ada didalam Microsoft Excel yang digunakan sebagai alat untuk membantu perhitungan saat bekerja di Microsoft Excel. Fungsi merupakan formula siap pakai yang disediakan Excel. Suatu fungsi dibuat untuk menyederhanakan perhitungan yang panjang dan rumit. Bentuk penulisan fungsi memiliki susunan aturan yang harus diikuti. Apabila terjadi kesalahan dalam penulisan fungsi, akan menghasilkan perhitungan yang salah atau error.






DAFTAR PUSTAKA

Andi, 2010. Membangun Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel 2010. Yogyakarta. Penerbit Andi
Putra, Herian Permana. 2017. MENGENAL KOMPUTER DAN DASAR-DASAR MICROSOFT OFFICE. Lampung. BUKU DARAS


[1] Herian Permana Putra, MENGENAL KOMPUTER DAN DASAR-DASAR MICROSOFT OFFICE, (Lampung, Buku Daras:2017) hal.109
[2] Ibid, hal.126
[3] Ibid, hal.126
[4] Ibid, hal.127
[5] Ibid, hal.127
[6] Ibid, hal.128
[7] Andi dengan MADCOMS, Membangun Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel 2010, (Yogyakarta, Penerbit Andi:2010), hal.7

Komentar

Postingan Populer