Membuat Table & Memasukkan Equation di Ms. Word
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah
SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan
dan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah mata kuliah
“Aplikasi Komputer”. Kemudian shalawat beserta salam kita sampaikan
kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni
al-qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia.
Makalah ini merupakan
tugas mata kuliah Aplikasi komputer di program studi
pendidikan agama islam Fakultas Tarbiyah dan keguruan. Selanjutnya penulis
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Agus Susanti,M.Pd.I
selaku dosen pembimbing mata kuliah Aplikasi Komputer dan kepada segenap pihak
yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini.
Akhirnya penulis
menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam penulisan makalah
ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari
para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Bandar Lampung,31 Januari 2018
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Masalah
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Microsoft Word
B. Cara Menggunakan Fasilitas Table
C. Cara Menggunakan Fasilitas Equation
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada
saat ini kemajuan teknologi yang telah di ciptakan oleh ilmuan dan ahli
pakarnya, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah seiring dengan
berjalannya waktu, ada keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan
bertambahnya kebutuhan manusia,yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah
untuk dipenuhi dengan adanya perkembangan dan kemajuan teknologi yang ada saat
iniyang dipergunakan untuk mempermudah suatu pekerjaan dalam kehidupan sehari
hari.
Secara
tidak langsung manfaat dari perkembangan teknologi adalah membantu manusia
dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office,aplikasi
ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar dan masih banyak
lagi. Salah satu bagian microsoft office adalah microsoft office word. Pasti
sudah tidak asing lagi dari kata tersebut bagi para pelajar yang sering
mengerjakan tugas mengetik surat.
Microsoft
Word merupakan program pengolahan kata yang terbaik dan populer karena
kehandalan dan kelengkapannya serta kemudahan yang dimilikinya dengan
menggunakan Microsoft Word.Dalam aplikasi ini sudah di program dengan adanya
menu dan ikon yang lengkap serta berkwalitas baik yang tersedia di dalam
aplikasi Ms.Word. Pembuatan dan pengeditan naskah atau dokumen akan menjadi
cepat dan mudah untuk dipelajari.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan pembahasan
masalah tersebut, masalah masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai
berikut:
1. Apakah pengertian menu dan icon itu?
2. Bagaimana fungsi dari menu dan ikon
dalam Ms.Word?
3. Bagaimana cara menggunakan fasilitas
table dalam Ms.Word?
4. Bagaimana cara menggunakan fasilitas
equation dalam Ms.Word?
C.Tujuan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka dapat memberikan beberapa
tujuan:
1. Dapat mengetahui pengertian menu dan
ikon
2. Dapat mengetahui fungsi dari menu dan
ikon dalam Ms.Word
3. Dapat mengetahui bagaimana cara
menggunakan fasilitas table dalam Ms.Word
4. Dapat mengetahui bagaimana cara
menggunakan fasilitas equation dalam Ms.Word
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat
populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat
dalam satu paket microsoft office yang berisi microsoft word, microsoft excel,
microsoft power point, microsoft office publisher microsoft office access dan
lain-lain.. Akan tetapi dari sekian banyak ini paket yang ditawarkan microsoft
word yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel
dan power point. Dalam perkembangannya microsoft word mengalami banyak
perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari microsoft word 1998, microsoft word
2003, microsoft word 2007, microsoft word 2010 dan microsoft word 2013.
Dengan perkembangan tersebut microsoft telah menambahkan
database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar microsoft word lebih
mudah untuk digunakan. Dengan microsoft word dapat memudahkan kerja manusia
dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain. Didalam Ms Word terdapat beberapa
sistem seperti Menu Bar adalah bagian berbentuk tabulasi yang berisi sejumlah perintah
sesuai dengan kelompoknya yang terdiri dari grup perintah Tab Home, Tab Insert,
Tab Page Layout, Tab References, Tab Mailings, Tab Review dan Tab yang
berfungsi untuk meletakan beberapa icon. Icon adalah suatu sarana didalam menu
yang berfungsi untuk mengeditserta mengubah bentuk tulisan.
B. Cara Menggunakan Fasilitas Table
Program
MS Powerpoint 2010 juga menyediakan beberapa fasilitas untuk membuat table
yakni fasilitas Insert Table,
Draw Table, dan Excel
Spreadsheet. Penggunaan masing – masing fasilitas ini pun cukup mudah.
Kita bisa memilih salah satu fasilitas tersebut sesuai dengan
kebutuhan. Yang pertama kita akan mencoba dengan Fasilitas Insert Table,
fasilitas ini menyediakan dua pilihan cara untuk membuat Tabel. Cara
pertama memiliki langkah yang lebih pendek dan ringkas, sedangkan cara yang
kedua membutuhkan langkah yang sedikit lebih banyak. Dan berikut ini adalah
langkah langkah penggunaan fasilitas Insert Table.
1. Pertama tama masuklah ke dalam Tab Insert.
2. Selanjutnya pilihlah perintah Table dan sorotlah kotak – kotak
kecil yang muncul. Kotak – kotak kecil ini mewakili jumlah kolom dan baris pada
table yang hendak kita buat.
3. Lantas klik tombol kiri mouse kita pada kotak terakhir
yang kita sorot sesuai keinginan.
4. Sementara itu bila kita ingin menggunakan cara kedua,
maka pilihlah kembali perintah Tabel dan klik opsi Insert Table.
Selain
cara diatas, kita juga bisa membuat table dengan cara manual dengan cara masuk
pada tab insert – table – insert table
Pada
kotak dialok Insert Table yang
muncul, masukkanlah jumlah kolom di kotakNumber
of columns dan jumlah baris di kotak Number of rows untuk table yang akan kita buat, lalu klik Ok.
Cara
membuat table berikutnya yaitu dengan menggunakan fasilitas Draw Table atau menggambar table
bisa jadi merupakan fasilitas yang paling menyenangkan untuk membuat sebuah
table. Berikut ini cara penggunaannya.
1. Pilihlah kembali perintah Table di Tab
Insert dan klik opsi Draw
Table.
2. Selanjutnya klik dan drag untuk membuat garis terluar
table.
3. Selanjutnya pilihlah perintah Draw Table yang muncul pada
Tab Design Table Tools, perintah ini akan
muncul bila sebuah tabel berada dalam keadaan aktif.
4. Kemudian buatlah garis horizontal dengan cara klik dan
drag dari sisi kiri ke sisi kanan.
5. Ulangi langkah ini sehingga terbentuk baris – baris
pada bentuk awal table tersebut.
6. Berikutnya buatlah garis vertical dengan cara klik dan
drag dari sisi atas ke sisi bawah.
7. Ulangi langkah ini sehingga terbentuklah kolom – kolom
pada bentuk awal table tersebut.
8. Sementara itu bila terjadi kesalahan saat pembuatan
garis – garis table, gunakanlah fasilitas Eraser Tool untuk menghapusnya. Caranya pilihlah Eraser Tool pada Design Table Tool.
9. Sesudah itu kita akan mendapati bentuk kursor Mouse
telah berganti bentuk menjadi sebuah penghapus. Klik pada garis yang hendak di
hapus untuk menghilangkan garis tersebut.
Dan cara
terakhir untuk membuat table yaitu dengan fasilitas Excel Spreadsheet, bila kita
membutuhkan sebuah table yang memiliki kemampuan untuk menghitung nilai, maka
sebaiknya tambahkanlah table Excel Spreadsheet. Dan berikut ini adalah langkah
langkah untuk membuatnya.
1. Pilihlah kembali perintah Table di Tab Insert dan klik
opsi Excel Spreadsheet.
2. Setelah itu kita akan mendapati table Excel
Spreadsheet yang berukuran kecil. Untuk membesarkan ukurannya, klik di sudut
kanan bawah table dan drag kearah kanan bawah.
3. Ketika sebuah tabel Excel Spreadsheet telah di
tambahkan dan berada dalam keadaan aktif, maka kita akan mendapati Ribbon Excel
muncul di jendela MS Powerpoint 2010 sehingga kita bisa menggunakannya untuk
mengolah data tabel Excel Spreadsheet.
4. Apa bila kita melakukan klik di luar table Excel
Spreadsheet, maka table tersebut akan berada dalam keadaan nonaktif. Untuk meng
aktifkan kembali, klik ganda di dalam area table.
C. Cara Menggunakan Aplikasi Aquation
Equation
Editor digunakan untuk menuliskan fungsi-fungsi matematika, seperti logaritma, eksponen,
integral, dan sebagainya. Petunjuk Penggunaan Equation Editor Untuk
membuka Equation Editor ikutilah langkah-langkah sebagai berikut :
1. Klik Start, pilih Microsoft Words 2007.
2. Kemudian klik Insert.
3. Klik Equation di
sebelah kanan atas.
4. Maka akan tampil tombol perintah pada tab design.
a. Equation; untuk
memilih rumus yang sudah ada
b. Professional; untuk
mengubah bentuk rumus ke format professional
c. Linear; untuk
mengubah bentuk rumus ke format linear
d. Normal Text; untuk
membuat tampilan text dengan huruf normal.Pada Symbol area terdapat simbol-simbol untuk membuat suatu
fungsi matematika.Simbol ini dapat kita ubah dengan mengklik tanda panah
pada Symbol.
e. Basic Math; untuk
menampilkan simbol yang umum digunakan
f. Greek Letters; untuk
menampilkan simbol Yunani.
g. Letter Like-Symbols; untuk
menampilkan simbol huruf matematika.
h. Operators; untuk
menampilkan berbagai simbol operasi matematika.
i.
Arrows; untuk menampilkan
berbagai simbol tanda panah dalam operasi matematika.
j.
Negated Relations; untuk
menampilkan simbol relasi negatif.
k. Scripts; untuk
menampilkan berbagai simbol huruf.
l.
Geometry; untuk
menampilkan simbol geometri.
Pada Stuctures area terdapat berbagai macam
simbol matematika. Kita dapat memilih salah satu bentuk simbol dan merangkainya
dengan yang lain sehingga menjadi sebuah rumus.
Untuk
menuliskan suatu bentuk rumus, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
a. Cara manual; dengan memasukkan satu-persatu simbol
rumus yang akan kita buat. Contoh :
·
Kita akan
membuat rumus abc.
·
Klik Equation, maka akan tampil kotak
seperti berikut :
·
Kemudian,
kita mengisi kotak tersebut dengan rumus yang akan kita buat.
·
Setelah
itu klik Symbols
area dan pilih
tanda sama dengan ( = ).
·
Klik Fraction pada Stuctures area dan pilih Fraction pertama.
·
Untuk
menyisipkan simbol, klik bagian atas dan bawah fraksi.
x = -b
2a
·
Untuk
menyisipkan simbol operator matematika, klik salah satu grup Symbol.
x = -b
±
2a
·
Untuk
menyisipkan simbol akar, klik tombol Radical dan pilih salah satu simbol. Kemudian, ketik
“b”.
·
Penulisan
rumus selanjutnya dapat menggunakan cara yang sama seperti di atas.
DAFTAR PUSTAKA
Laksamana,Tonny Wangdra,Adji
Djojo 2010, panduan cepat kuasai Microsoft office 2010,
Komentar
Posting Komentar