Dasar-dasar Menggunakan Ms.Powerpoint
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PowerPoint
Microsoft
PowerPoint adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah
presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft PowerPoint
akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika
dipresentasikan.
PowerPoint
menawarkan kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk elektronis.
Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan komponen-komponen
multimedia yang meliputi:
1.
Teks
2.
Gambar dan Grafik
3.
Foto
4.
Suara
5.
Film atau video
6.
Animasi[1]
B.
Menu Bar yang Ada Dalam Microsoft PowerPoint 2007
1.
Ribbon Menu
Ribbon Menu adalah suatu cara baru untuk mengelompkkan mnu dalam toolbar
atau tampilan baru pada PowerPoint 2007.
2.
Tabs
Menu Tab yang ada dalam Microsoft PowerPoint yaitu:
a.
Home: yaitu berisi pengaturan dasar unuk halaman kerja PowerPoint dan
bagian edit seperti copy, paste, cut, layout, jenis font, ukuran font,
pengaturan huruf dan pengaturan teks.
b.
Insert: untuk memasukkan beberapa multimedia kehalaman kerja, misal
gambar, video, teks, style teks, tabel, grafik, dan hyperlink.
c.
Design: yaitu rancangan tampilan background PowerPoint.
d.
Animation: menampilkan jenis-jenis animasi teks dan gambar.
e.
Slide show: berfungsi untuk menampilkan struktur slide
f.
Review: berfungsi untuk mensetting fungsi-fungsi atau mengubah template
dan sebagainya.
g.
View: berfungsi untuk memodifikasi layar tampilan dan presentasi.
3.
Office Button
Offic Button adalah tombol bebentuk bulat disebelah kiri atas pada Microsoft PowerPoint 2007 dan 2010.
Menu yang ada dalam Office Button yaitu, new, open, save, save as, print,
prepare, send, publish, close dan option.[2]
C.
Menjalankan Microsoft PowerPoint
Ketika anda mulai menjalankan PowerPoint secara otomatis muncul halaman
kerja dengan jumlah satu slide awal yang biasanya digunakan sebagai judul dari
materi materi presentasi yang akan dibuat.
1. Buka
Microsoft PowerPoint
·
Klik tombol Start
·
Pilih Program/All Programs
·
Pilih Microsoft Office
·
Microsoft Office PowerPoint 2007
·
Atau klik ganda pada ikon shortcut PowerPoint pada desktop
a.
Klik kotak click to add title, kemudian ketikan judul presentasi
(Dasar-dasar PowerPoint).
b.
Klik kotak sub-title, ketikan misalnya nama penyusun.
2.
Membuat slide baru
·
Klik New Slide pada menu Home,
lalu pilih Layout[3]
·
Untuk membuat kolom pengetikan maka kita menggunakan Text Box yang ada
di menu Insert dengan cara klik menu Insert, pilih Shapes dan klik Text Box.
·
Setelah itu drag atau tahan mouse dan bentuk kotak pada pada slide
hingga bentuk kolom pengetikan, kemudian ketikan isi dari slide.[4]
·
Untuk mengganti font atau model tulisan dengan cara memblok tulisan yang
akan diubah lalu ganti dan pilih font di MenuBar Home.
·
Menambahkan variasi teks yaitu dengan cara:
Ø Klik menu Insert
Ø Pilih dan klik Picture
Ø Pilih dan klik WordArt, maka
akan muncul kotak dialog WordArt Galery
dan pilih jenis tampilan teks yang
diinginkan (WordArt Style)
Ø Klik Ok[5]
·
Untuk menambahkan Gambar, misalnya photo dengan cara klik Insert, klik Picture.
Lalu akan muncul kotak dialog seperti:
Pilih disk tempat penyimpanan gambar tesebut berada, klik Insert
disebelah kanan bawah kotak dialog.
·
Selanjutnya untuk menambah menarik presentasi, ganti Background dengan
gambar yang menarik. Klik Design, klik Background Styles, Format Background.[6]
·
Atau dapat menambahkan photo atau gambar sebagai Background, yaitu
dengan cara:
Ø
Pilih Ribbon Insert
Ø
Pada group Ilustration pilih Photo Album, pilih New Photo Album
Ø
Tentukan file image yang akan dijadikan album dengan klik File/Disk
Ø
Klik Insert untuk mengakhiri
Ø
Pilih Fit To Slide untuk menyamakan dengan ukuran slide
Ø
Setelah selesai klik Create[7]
·
Langkah selanjutnya untuk membuat efek gerak pada tulisan: blok tulisan,
pilih MenuBar Animation, pilih Costom Animation. Lalu akan muncul kotak dialog
disebelah kanan slide, klik panah bawah Add Effect lalu pilih Model. Pada
Custom Animation terdapat menu sebagai berikut:
1.
Change/ Add Effect: untuk mengubah atau menambahkan animasi pada objek
Slide yang diseleksi.
2.
Remove: untuk menghapus animasi dengan mengklik nomor animasi pada
presentasi lalu klik Remove.
3.
Start: untuk menampilkan objek menjadi slide presentasi, klik Mouse. Ada
tiga pilihan untuk menampilkan objek yaitu, On click (untuk menampilkan objek
dengan mengklok mouse). With previous (untuk menampilkan objek yang menjadi
presentasi secara bersamaan) dan After Previous untuk menampilkan objek yang
menjadi bagian presentasi satu persatu).
4.
Direction: untuk menampilkan objek dari arah tertentu.
5.
Speed: untuk mengatur kecepatan animasi setiap objek.
·
Menggunakan Video yaitu dengan cara pilih Ribbon Insert, pada group
Ilustration pilih Movie disalah satu sumber file movie.
Ø
Movie From File: digunakan untuk memilih file video dari direktori lain.[8]
Ø
Movie From Clip Organizer: digunakan untuk memilih file video dari Clip
Organizer pada Task Panes ClipArt. Objek movie yang dipilih akan tampil pada
bidang kanvas.
·
Menambahkan Sound yaitu dengan cara: Pilih Ribbon Insert, Pada group
Ilustration pilih Sound, Pilih salah satu sumber file sound:
Ø
Sound from File: untuk memilih Sound dari direktori lain.
Ø
Sound From Clip Organizer: untuk memilih file sound dari Clip Organizer.
Ø
Play CD Auto Track: untuk memilih file sound dari CD
Ø
Record Sound: untuk memilih sound yang merupakan hasil rekaman.
3.
Membuat Hyperlink: digunakan untuk antara slide yang satu dengan slide
yang lain. Dapat juga dengan menghubungkan
file presentasi satu dengan yang lain. Cara menggunakannya yaitu sebagai
berikut:
·
Seleksi bagian slide yang akan ditambah Hyperlink
·
Pilih Ribbon Insert pada Group Links dan pilih Hyperlink
·
Jika ingin membuat Hyperlink kefile presentasi lain, pilih direktori dan
nama file yang akan dijadikan tujuan pada Look In, lalu klik Ok.[9]
4.
Menyimpan File
a.
Untuk menyimpan Dokumen (Save)
·
Klik menu File
·
Pilih Save
b.
Untuk menggunakan fitur Save As
·
Klik menu File
·
Klik Save As
·
Ketik nama untuk presentasi
c.
Dengan menekan tombol kombinasi Ctrl+S
D.
Menampilakan presentasi (Slide Show)
Ada beberapa
cara untuk menampilkan slide presentasi yaitu:
a.
Klik pada Tab Slide Show, Klik From Beginning pada kiri atas (untuk
mulai dari awal), untuk memulai dari halaman tertentu dengan cara klik Slide
Show, klik From Current Slide (sebelah From Beginning)
b.
Klik Tab View, klik Slide Show
c.
Tekan F5 klik ikon pada sebelah kanan bawah layar presentasi[10]
BAB III
PENUTUP
3.1.
Kesimpulan
Microsoft
Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah
presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point
akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika
dipresentasikan karena Microsoft Power Point akan memudahkan dalam pembuatan
slide, outline presentasi,
PowerPoint
menawarkan kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk elektronis.
Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan komponen-komponen
multimedia yang meliputi: Teks, Gambar dan Grafik, Foto, Suara, Film atau video
dan Animasi.
DAFTAR PUSTAKA
Tutang, Belajar Cepat
Microsoft PowerPoint 2000 Bagi Pemula, (Jakarta: Penerbit Datakom Lintas
Buana, 2002)
http://6laskar-pelangi.blogspot.com/2012/08/powerpoint-2007-memulai
presentasi-baru.html, diakses
pada tanggal 2 Januari 2018, pukul 09.54 WIB
[1] Tutang, Belajar Cepat Microsoft PowerPoint 2000 Bagi Pemula,
(Jakarta: Penerbit Datakom Lintas Buana, 2002) Hal 15
[3] Tutang, Op Cit hal 15-19
[4] Ibid hal 54-55
[5] Ibid hal 25-27
[6] Ibid hal 27-35
[7] Ibid hal 44
[8] Ibid hal 50-51
[9] Ibid hal 51
[10] Ibid hal 56-57
Komentar
Posting Komentar