Table Pivot pada Ms. Excel


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi. Jadi secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari Microsoft Excell adalahProgram aplikasi pengolah data Pivot Table ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka yang ada dalam table. Ringkasan dari beberapa data, diciptakan untuk memungkinkan analisis secara mudah dari data tersebut. Tapi tidak seperti ringkasan yang dibuat secara manual dan harus mengetik satu per satu rumus Statistikanya , Excel PivotTables sangat interaktif. Setelah Anda membuat satu data, anda dapat dengan mudah mengubahnya. Dalam beberapa klik ringkasan dapat "berputar" - diputar sedemikian rupa sehingga judul kolom menjadi baris judul, dan sebaliknya.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan tabel pivot?
2.      Bagaimana membuat tabel pivot?
3.      Apa saja tujuan dari tabel pivot?
C.    TUJUAN
1.      Mengetahui kegunaan tabel pivot
2.      Mengetahui tujuan menggunakan tabel pivot




BAB II
PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN TABEL PIVOT
Pivot Table merupakan sebuah tools pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, serta mengeksplorasi data untuk disajikan menjadi sebuah laporan dalam bentuk table-tabel.
Fungsi pivot table ini adalah bertujuan agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data.
Dengan menggunakan pivot table diharapkan mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.[1]
Dalam melakukan perhitungan, PivotTable bukan hanya melakukan penjumlahan saja, melainkan penghitungan dengan fungsi yang lain seperti mencari rata-rata, mencari prosentase, standard deviasi, dan lainnya
Dengan menggunakan teknologi PivotTable, anda akan dapat melakukan hal-hal sebagai berikut.
·         Membuat beberapa macam tampilan dan laporan dari suatu sumber yang sama.
1.      Memindahkan field ke berbagai lokasi dalam laporan
2.      Menentukan /memilih field-field mana yang akan ditampilkan dalam suatu laporan.
3.      Mengumpulkan field-field yang berisi numerik dalam beberapa cara.
4.      Memanfaatkan filter untuk mengontrol nilai-nilai yang mana yang akan ditampilkan.
5.      Menggali data numerik untuk menyatakan penopang data set.
Anda dapat membuat Pivot Table Microsoft Excel untuk mengurai laporan berdasarkan data tabel microsoft Excel. Untuk mempermudah penjelasan Tutorial Microsoft Excel akan memberikan contoh kasus, coba perhatikan tabel data microsoft excel di bawah ini.

Pivot Tabel merupakan fitur canggih dari microsoft excel yang memungkinkan anda untuk membuat pelaporan analisa data sekaligus melakukan manipulasi data yang cepat. Menggunakan Pivot Tabel dalam microsoft excel dapat meringkas data laporan yang lebih simpel dan mudah dimengerti.
Untuk membuat Pivot Tabel pada microsoft excel, kita harus memiliki tabel sumber data awal yang akan menentukan nilai pada tabel Pivot. mempersiapkan tabel sumber data adalah hal yang terpenting dalam memulai menggunakan Pivot Tabel. Tabel sumber data awal harus memiliki nama kolom yang lengkap dan tidak boleh kosong (seperti contoh gambar di atas). Usahakan agar tabel kolom tidak digabung atau merged cell. Tabel sumber data adalah hal yang terpenting dalam menentukan nilai pivot tabel yang benar sehingga menghasilkan jenis laporan yang kita inginkan.[2]

1.      Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Pivot Table
Beberapa hal-hal berikut ini dapat berpengaruh pada saat membuat data dengan pivot table :
a.       Setiap data yang akan dilakukan pivot table harus berisi header, hal ini akan menyebabkan jika terdapat salah satu header dalam rentang sel /array yang dipilih tidak berisi judul, maka pembuatan pivot table tidak dapat dilakukan.
b.      Pivot table akan mengambil baris paling atas sebagai field yang akan digunakan untuk report.
c.       Kolom yang tersembunyi / hide akan tetap muncul pada field di pivot table field list.
d.      Baris yang tersembunyi akan tetap dihitung nilainya jika terdapat di dalam array yang dipilih sebagai sumber data.
e.      Pemilihan jenis data (value field settings) akan berpengaruh pada hasil nilai yang akan ditampilkan.

B.     CARA MEMBUAT PIVOT TABEL MICROSOFT EXCEL
Setelah meyiapkan tabel sumber data utama, yang perlu kita tetapkan adalah jenis laporan yang ingin kita hasilkan dari data sumber utama. Seperti contoh kasus gambar di atas, kita menginginkan agar pada pivot tabel menghasilkan data belanja barang berdasarkan Suplier. Untuk membuatnya mari kita simak cara membuat Pivot Tabel di Bawah ini :[3]
1.      Pilih Menu Insert lalu Klik pada Pivot Table.
         
2.      Lalu tentukan range untuk data sumber pada form Create Pivot Table di bawah ini

3.      Setelah menentukan sumber data awal untuk pelaporan pivot table, anda dapat menentukan jenis laporan yang anda inginkan. Kembali kepada kasus yang telah kita bahas, berdasarkan tabel sumber data, kita akan membuat pelaporan belanja barang berdasarkan Supplier, maka data filter yang akan kita gunakan adalah Supplier. Untuk lebih jelas lagi perhatikan gambar di bawah ini.

1.                  Keterangan Gambar :
1.      Merupakan kumpulan Field atau kolom pada sumber data awal.
2.      Field atau kolom SUPPLIER menjadi Report Filter karena sesuai kasus di atas, kita akan menjadikan SUPPLIER sebagai dasar pelaporan. Untuk mengisi Report Filter, Klik field SUPPLIER (no.1) lalu drag ke kolom Report Filter.
3.      Untuk Row Labels kita isi dengan Nama Barang. Cara mengisi Row Labels sama dengan mengisi Report Filter, yaitu dengan meng-klik Field Nama Barang pada kolom no.1 lalu drag ke kolom Row Labels
4.      Untuk Colom  labels kita kosongkan (Sesuai dengan kebutuhan pelaporan yg akan kita buat)
5.      Kolom ∑ Values kita dapatkan dengan klik kanan pada Field HARGA (no.1) lalu pilih add to ∑ Values. Untuk lebih jelas anda dapat melihat gambar di bawah ini 

6.                  Maka secara otomatis kolom ∑ Values akan terisi dengan sum of Harga.
Setelah semua langkah dan cara Membuat Pivot Tabel Microsoft Excel yang anda buat di atas telah benar maka hasil dari Pivot tabel akan tampak seperti gambar di bawah ini :    

hal yang perlu anda perhatikan adalah sumber data awal, lalu perencanaan bentuk laporan yang sesuai dengan sumber data awal

C.    MANFAAT PIVOT TABLE
1.      Melakukan Query sejumlah besar data dengan cara yang mudah.
2.      Proses Kalkulasi subtotal dan menjumlahkan data numerik, meringkas data dengan sebuah kategori dan subkategori, serta membuat perhitungan dengan formula dan rumusan yang anda buat sendiri.
3.      Memperluas dan mempersempit tingkatan tampilan data yang berguna untuk fokus terhadap apa yang ingin anda cari, dan menampilkan secara detil dari ringkasan data (yang menjadi titik fokus perhatian anda)
4.      Melihat data dari dimensi yang anda inginkan.
5.      Untuk merangkum data dari suatu daftar berdasarkan analisis tertentu.[4]





BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri Dengan menggunakan tools pivot table pada excel, sobat bisa meringkas penyajian suatu data untuk mempermudah dalam melihat serta melakukan analisa terhadap suatu data.






  
DAFTAR PUSTAKA
Arifin,Johar.2016.Microsoft Office Excel.Jakarta.PT Elex Media Komputindo
Mudyahardjo,Redja. 2001. Pengantar Pendidikan Komputer.Jakarta. Rajawali Pers Tirtahardja


[1] Mudyahardjo. Pengantar Pendidikan Komputer.Rajawali Pers Tirtahardja.2001.hal:37
[2] Ibid hal:40
[3] Johar Arifin.microsoft office excel. PT Elex Media Komputindo.2016.hal:77
[4] Ibid hal:80

Komentar

Postingan Populer